Sumber : dapurprint.co.id

BOGORIN.com, Bogor РBahan kanvas memang sering jadi favorit banyak orang. Bahan ini pun banyak digunakan untuk membuat tas ransel dan tote bag untuk pria atau wanita. Namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara merawat tas kanvas karena kanvas adalah jenis kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya  sangat kuat. Tas ransel yang terbuat dari bahan kanvas memiliki banyak model dan motif yang lucu, serta bisa menunjang gaya stylishmu. Tentu sedih bukan jika tas kanvasmu kotor dan menjadi tidak bagus lagi. Makanya jangan salah cara merawatnya, simak yuk tips mencuci tas ransel atau tote bag bahan kanvas yang benar dan ampuh untuk mengembalikan warna tasmu.

1. Hindari paparan langsung matahari

Untuk kamu yang mencuci tas kanvasmu sendiri di rumah, hindari menjemur tas kanvas langsung di bawah paparan sinar matahari. Karena paparan sinar matahari yang terkena langsung pada permukaan kanvas akan membuat warna tas menjadi pudar dan kusam, apalagi jika tas memiliki motif. Makanya jika kamu sudah selesai mencucinya, cukup diangin-anginkan saja di tempat terbuka yang tak langsung terkena matahari hingga benar-benar kering. Tapi jangan juga menggantung tas tersebut di dalam ruangan saat masih dalam keadaan basah. Karena justru akan membuat proses pengeringan memakan waktu lebih lama. Akibatnya tas kanvasmu pun bisa menjadi lembap dan memiliki bau yang kurang sedap.

2. Jangan mencuci dengan mesin cuci

Banyak orang yang merasa bahan kanvas bisa di perlakukan seperti bahan busana lainnya yang bisa di cuci menggunakan mesin cuci. Padahal faktanya, mencuci tas menggunakan mesin cuci bisa mengubah bentuk dari tas itu sendiri meskipun bahannya pada dasarnya bisa di cuci menggunakan mesin cuci. Jadi, jika tas kanvasmu kotor dan harus mencucinya, pastikan untuk selalu mencucinya menggunakan tangan ya. Hindari juga penggunaan mesin pengering di mesin cuci.

3. Cuci dengan tangan

Dalam hal mencuci tas, maka sangat di sarankan untuk mencuci tas dengan teknik hand washing, dan kamu boleh mengucek tas dengan lembut. Sedangkan untuk mengangkat noda di atas tas kamu bisa menggunakan sikat yang lembut untuk mengangkat noda tersebut. Pastikan tas kanvas kamu selalu di bilas dengan bersih selepas di cuci. Hal ini di lakukan agar tidak ada bercak putih yang timbul karena sisa sabun atau sampo bayi yang tersisa di atas tas kanvas yang menempel pada serat kain kanvas.

4. Bersihkan noda

Jika terdapat noda tersendiri pada permukaan tasmu, bersihkan dulu noda tersebut sebelum kamu mencuci tasmu secara keseluruhan. Caranya, oleskan detergen cair pada permukaan yang terkena noda saja, kemudian sikat secara perlahan hingga noda memudar.

5. Simpan tas kanvas kamu di dalam lemari.

Kalau kamu tidak ada rencana untuk memakainya di waktu dekat, pastikan tempat kamu menyimpan tidak bersuhu lembab.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here