Bogor – Proses deposit instrumen ratifikasi perjanjian oleh Indonesia dan negara-negara EFTA telah selesai dengan demikian IE-CEPA akan memasuki masa implementasi pada 1 November 2021 yang akan datang. Dalam rangka persiapan memasuki masa implementasi IE-CEPA tersebut, Kemlu menyelenggarakan “FGD Mapping Program Quick Win CCB IE-CEPA” pada hari Rabu (29/09/2021).
Kegiatan menghadirkan narasumber dari Dit. Hukum dan Perjanjian Kewilayahan, Kementerian Luar Negeri RI, yang menyampaikan tentang best practices terkait kerja sama maritim dan perikanan dalam perspektif hukum perjanjian internasional.
FGD merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu “FGD Updating and Stocktaking Program Cooperation and Capacity Building (CCB) IE-CEPA” pada tanggal 10 September 2021. Kegiatan FGD akan mendalami fokus pada sektor perikanan sebagai salah satu dari tiga sektor prioritas CCB IE-CEPA.
Pada FGD sebelumnya disepakati 3 (tiga) strategi dalam implementasi program CCB IE-CEPA, yaitu strategi penguatan koordinasi, strategi penentuan skala prioritas, dan strategi implementasi program, dan kegiatan berfokus untuk Mapping Program Quick Win CCB IE-CEPA.
Dalam paparannya, Narasumber Dit. HPK menyampaikan mengenai jenis ikan yang potensial untuk diekspor ke pasar EFTA, Perjanjian Kelautan dan Perikanan yang sudah dijajaki dengan negara di kawasan EFTA, serta tantangan dan peluang perampungan perjanjian internasional sebagai gambaran implementasi CCB IE-CEPA ke depannya.
IE-CEPA merupakan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan empat negara EFTA yang beranggotakan Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia. IE-CEPA disahkan melalui Undang-Undang No. 1 Tahun 2021 tentang Pengesahan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Republik Indonesia dan Negara-Negara EFTA (Comprehensive Economic Partnership Agreement between the Republic of Indonesia and the EFTA States) yang ditandatangani pada tanggal 7 Mei 2021. IE-CEPA akan berlaku mulai tanggal 1 November 2021.
(Sumber: Kementerian Luar Negeri)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here