Cisarua-Momentum Peringatan HUT Bhayangkara ke-76 di kemas Polres Bogor dan Pemerintah Kabupaten Bogor dengan kegiatan penanaman pohon di wilayah Selatan Kabupaten Bogor sekaligus menggaungkan Ciliwung Nanjung, juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dan seluruh stakeholder Kabupaten Bogor terhadap lingkungan.

Penanaman pohon dilakukan langsung oleh Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin dan Dandim 0621 Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara yang berlangsung di Telaga Saat KM 0 Ciliwung, Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua, Minggu (12/6/22).

Selama ini jajaran Polres Bogor telah bekerja keras bahu-membahu bersama Pemerintah Daerah dalam penegakan hukum, menjaga ketertiban, penanganan konflik masyarakat, penanggulangan bencana pandemi Covid-19 dan berbagai upaya lainnya untuk menciptakan kondusivitas wilayah Kabupaten Bogor.

“Saya atas nama Pemkab Bogor dan masyarakat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada segenap jajaran Polri khususnya Polres Bogor. Semoga sinergi yang baik antara kita bersama seluruh Forkopimda Kabupaten Bogor akan terus terjalin demi terciptanya situasi yang kondusif dan Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban,” imbuhnya.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tentu harus menjadi sarana untuk memacu semangat seluruh jajaran Polri dan menjadi momentum refleksi untuk melakukan peningkatan kinerja guna memberikan pelayanan yang semakin berkualitas kepada masyarakat, salah satunya dengan kegiatan penanaman pohon di wilayah Selatan Kabupaten Bogor.

“Semoga Polri semakin jaya, semakin melayani, mengayomi dan semakin dicintai rakyat Indonesia. Hari ini rangkaian awal Peringatan HUT Polri ke-76 ini dimulai dengan penanaman pohon di wilayah selatan Puncak. Dengan penanaman pohon ini mudah-mudahan bisa mengerem aliran air, dan bisa diserap pohon, semoga ke depan penanaman pohon ini tidak hanya di hulu tapi di wilayah tengah dan hilir Kabupaten Bogor,” ungkap Plt. Bupati Bogor saat menghadiri kegiatan penanaman pohon di Telaga Saat KM 0 Ciliwung, Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua.

Plt. Bupati Bogor juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan stakeholder di Kabupaten Bogor untuk menanam minimal satu pohon di semua tempat yang tutupannya cukup besar.

“Kami akan bekerjasama dengan Kapolres dan Dandim 0621 agar seluruh masyarakat sadar terhadap lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di setiap rumah juga villa untuk mengurangi erosi,” tegasnya.

Banyak harapan kepada jajaran Polri sebab selama 76 tahun Polri mengabdi kepada bangsa dan negara, Polri juga telah banyak memberikan sumbangsih dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dirgahayu Bhayangkara ke-76. Kepada seluruh anggota Kepolisian RI dimanapun berada dan bertugas semoga Polri dapat selalu hadir di tengah masyarakat dalam memberikan rasa aman, membangun keteraturan, dan keharmonisan sosial serta menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap hukum,” harap Iwan Setiawan.

Pemilihan Telaga Saat KM 0 Ciliwung, Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua sebagai lokasi penanaman pohon, karena Situ Cisaat adalah sumber mata air yang mengalir ke Ciliwung, dimana begitu banyak jutaan manusia yang memanfaatkan aliran Sungai Ciliwung untuk penghidupan dan kehidupannya.

“Disini adalah sumber mata air Sungai Ciliwung, penanaman pohon ini kita lakukan sebagai salah satu bentuk upaya kita mencintai alam dan mencintai titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, kita jaga dan kita pelihara supaya memberikan feed back yang baik untuk kita. Secara simbolis penanaman pohon ini dilaksanakan di 76 titik dan masing-masing titik menanam 76 pohon. Kita sudah tersambung dengan titik penanaman pohon di seluruh Kabupaten Bogor, karena penanaman pohon ini juga dilakukan secara serentak oleh para Camat, Kapolsek dan Danramil di masing-masing tempat,” jelas Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat melakukan penanaman pohon.

Menurutnya bahwa, selain penanaman pohon juga dilakukan kegiatan yang bersifat bersih-bersih aliran Sungai Ciliwung dalam rangka melestarikan lingkungan sekaligus gelorakan Ciliwung Nanjung.

“Nanjung itu artinyan naik, dengan kegiatan Ciliwung Nanjung ini, kami berharap Kabupaten Bogor pun akan nanjung meningkat terus dalam berbagai hal. Meningkat kesejahteraannya, meningkat indeks kebahagiaan masyarakatnya, meningkat indeks keamanannya dan berbagai sendi kehidupan masyarakat meningkat mengalami perbaikan,” tandas Kapolres Bogor.

Turut hadir dalam kegiatan Penanaman Pohon yakni, Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, Perwakilan Kajari, Kapala ATR BPN Kabupaten Bogor, Camat Cisarua, Kades, Perhutani, Pecinta Lingkungan Hidup, serta Camat dan Forkopimcam se-Kabupaten Bogor secara virtual. (Nai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here