Sumber : shutterstock

BOGORIN.com, Bogor – Menyajikan menu masakan yang lezat pastinya sudah menjadi tujuan dari setiap masakan. Minyak wijen sudah sering digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan. Tidak hanya meningkatkan rasa, minyak wijen juga mampu menambah aroma sedap dari hidangan yang di sajikan. Minyak wijen banyak digunakan pada masakan chinese food.

Ternyata di balik rasa yang sedap dan wangi mereka selalu menggunakan minyak wijen untuk mengolah makanannya. Minyak wijen merupakan minyak esensial yang terbuat dari biji wijen. Ada dua jenis minyak wijen yang umum di temui di pasaran, yakni minyak wijen mentah yang warnanya bening dan minyak wijen dari biji wijen sangrai yang warnanya keruh tapi harum baunya. Minyak wijen tidak hanya digunakan pada tumisan saja, tapi untuk mengolah mi, dimsum, dan nasi goreng juga.

Selain memiliki fungsi membuat masakan menjadi lebih lezat, minyak yang terbuat dari biji wijen ini ternyata juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Melindungi dari sinar ultraviolet
Tidak hanya sunscreendan sunblock, ternyata minyak wijen juga bermanfaat dalam melindungi kulit dari kerusakan karena pancaran sinar ultraviolet (UV). Senyawa antioksidan dalam minyak wijen bahkan bisa melindungi Anda dari sinar UV sebanyak 30 persen.

2. Mengatasi luka bakar
Manfaat minyak wijen yang kedua adalah untuk mengatasi luka bakar. Hal ini karena minyak wijen mengandung antiradang dan antioksidan. Anda bisa mencoba dengan mengoleskan minyak wijen pada luka tersebut. Pastikan agar luka bakar tidak terinfeksi. Dianjurkan untuk menayakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan minyak wijen untuk mengatasi luka bakar.

3. Mengontrol tekanan darah
Minyak ini mampu menurunkan kadar natrium dalam tubuh dan bertindak di uretik dengan membuang natrium dalam tubuh bersamaan dengan air kencing. Bahkan, tak cuma tekanan darahnya yang lebih stabil, berat badan orang tersebut juga lebih terkontrol. Kendati demikian, efek yang diberikan oleh minyak wijen ini hanya sementara. Bila Anda berhenti mengonsumsi minyak wijen, otomatis tekanan darah dan berat badan akan naik kembali.

4. Menyehatkan kulit
Dilansir dari Livestrong.com, minyak wijen bisa menurunkan risiko kanker kulit dan peradangan kulit lainnya. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, minyak ini baik dikonsumsi dan ataupun dioleskan di kulit. Untuk menggunakan minyak wijen pada kulit, praktik Ayuverdic, yaitu sebuah sistem pengobatan holistik yang berasal dari India, merekomendasikan minyak wijen sebagai minyak gosok bila Anda ingin melakukan terapi pijat. Setelah dipijat menggunakan minyak wijen, tunggu hingga 15 menit sebelum Anda mandi air hangat, agar proses detoksifikasi kulit bisa bekerja.

5. Membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak
Manfaat minyak wijen dalam membantu tidur memerlukan penelitian tambahan. Akan tetapi, meneteskan minyak wijen di dahi berpotensi untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Reporter : Sausan de Ananda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here