Beranda UMKM Lemari Berjamur? Ikuti Cara Ini, Dijamin Ampuh!

Lemari Berjamur? Ikuti Cara Ini, Dijamin Ampuh!

(Sumber: laundry.drop.id)

BOGORIN.com, – Melihat lemari berjamur memang membuat kita merasa kesal sekaligus jijik. Bagaimana tidak, jamur yang tumbuh subur di lemari bisa mencemari barang-barang yang tersimpan di dalamnya, seperti pakaian, perabotan dan juga makanan.

Kalau sudah berjamur begini, kamu pun jadi enggan untuk membuka lemari tersebut dan menggunakan barang-barang yang tersimpan di dalamnya.

Kelembaban udara yang tinggi memang jadi faktor utama lemari jadi mudah berjamur. Lemari kayu yang paling sering ditumbuhi jamur, karena menjadi media ideal untuk perkembangbiakannya.

Tapi, tidak perlu khawatir, karena ada berbagai cara untuk menghilangkan jamur di lemari. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut.

1. Oleskan alkohol

Setelah anda membersihkan jamur di lemari dengan kain lap kering, lanjutkan dengan mengoleskan alkohol ke seluruh sisi lemari yang berjamur. Alkohol dapat membasmi jamur dan mencegah jamur kembali bertumbuh pada lemari kayu anda. Jamur yang masih tersisa pada serat kayu akan langsung mati ketika bersentuhan dengan alkohol.

2. Lapisi lemari dengan pernis atau melamin

Ketika anda membeli lemari kayu, tentu saja lemari tersebut sudah melewati tahapan finishing dengan menggunakan pernis atau melamin. Saat lemari anda dihinggapi oleh jamur, bersihkan jamurnya dengan kain kering, lalu segera lapisi setiap sisi lemari kayu dengan pernis atau melamin. Asalkan anda merawat lemari kayu dengan baik, tentu saja lemari tersebut akan terhindar dari jamur.

3. Meletakkan kamper

Cara yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Ya, meletakkan kamper atau kapur barus pada sisi dalam lemari juga termasuk cara terampuh dalam menghambat pertumbuhan jamur, lho. Selain itu, penggunaan kamper juga memberikan efek harum pada pakaian-pakaianmu.

4. Gunakan cahaya dari lampu TL

Pada kenyataan, jamur yang muncul di kelembagaan lemari pakaianmu itu berasal dari suhuapan udara di ruangmu,  lho. Nah,  selain menggunakan kipas angin, untuk mengatur kelembapan udara di ruangan, kamu juga bisa menggunakan lampu TL. Penggunaan lampu TL ini mampu menghasilkan efek ultraviolet yang ampuh untuk mencegah tumbuhnya jamur.

5. Menjaga sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk

Supaya lemari tidak ditumbuhi jamur kembali, maka lakukan langkah pencegahan maksimal, yaitu dengan menjaga sirkulasi udara masuk ke dalam ruangan. Apabila hal tersebut tidak memungkingkan, Anda bisa menggunakan Air Conditioner atau menaruh bahan penyerap lembab di lemari.
Selain itu, cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan juga harus kamu Kelengkapan

 

(Dea Rizky Ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here