CIBINONG- Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor bersama jajaran Pemkab Bogor, Dandim 0621 dan Kapolres Bogor, lakukan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di Ruang Rapat III Setda Kabupaten Bogor, Senin (10/1). Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Aspemkesra, Kepala Diskominfo, Kepala Dinkes, Kalak BPBD, Kasatpol PP, Kepala Disdik, dan Kepala Disdukcapil.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Rakor hari ini dilakukan dalam rangka persiapan giat vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang rencananya Selasa (11/1) akan dilaunching.

“Besok kita akan launching, persiapan sebelumnya kita lakukan bersama dengan Kapolres dan Dandim dengan target vaksinasi anak berjumlah 553.605 sasaran. Hari ini kami akan segera luncurkan surat edaran untuk kecamatan agar segera mempersiapkan langkah-langkah untuk vaksin anak,” ujarnya.

Tambah Sekda menerangkan, Dinkes juga akan segera lakukan zoom meeting dengan seluruh Kepala Puskesmas, sementara Disdik akan segera membuat surat edaran di internal sekolah.

“Rekonsiliasi data dengan Disduk juga sudah ada, ini kita lakukan karena ada 2 kecamatan yang wilayah kewenangannya masuk Polres dan Kodim Depok, tetapi tetap pelaporannya lewat Dinkes. Kami juga akan gencar lakukan sosialisasi oleh Diskominfo melalui berbagai media. Supaya Puskesmas dan guru sekolah menginformasikan jumlah sasarannya, masing-masing termasuk komorbid dan lainnya diinfokan,” bebernya.

Menurutnya, percepatan vaksinasi anak perlu dilakukan segera karena harus selesai sebelum puasa. Ini perlu strategi, terlebih banyak juga anak-anak kabupaten seperti Ciawi, Dramaga, Sukaraja dan Ciomas yang sekolahnya di Kota Bogor. Dinkes akan berkoordinasi juga dengan Kapolres dan Dandim Kota Bogor, jangan sampai target kita jadi berkurang,” tandasnya.

Selanjutnya, Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin mengatakan, kaitan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dirinya komitmen akan bersama-sama menyukseskan percepatan vaksinasi anak, dalam rangka mempersiapkan generasi penerus bangsa yang sehat dan siap menghadapi pandemi Covid-19.

“Giat vaksinasi anak ini sudah kami mulai pada 6 Januari 20222. Ini kami lakukan karena sudah ada instruksi dari Kapolri untuk concern terhadap vaksinasi anak,” tegas Kapolres.

Ditempat yang sama, Dandim 0621, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara menyatakan, dirinya juga siap membantu pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 di Kabupaten Bogor melalui kolaborasi dengan jajaran Pemkab Bogor dan Polri.

“Ke depan kami akan terus tingkatkan sinergi dan kerjasama dengan semua pihak agar pelaksanaan vaksinasi anak, lancar di sini kami hadir untuk kemanusian dan untuk Kabupaten Bogor,” imbuhnya. (Peg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here