Cibinong – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto berharap RSUD Cibinong segera ditetapkan menjadi RS Tipe A dan meminta untuk mulai berinvestasi pada kualitas Sumber Daya Manusia bidang Kesehatan salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada calon dokter spesialis atau tenaga ahli kesehatan. Menurut Rudy, kualitas SDM sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan di bidang kesehatan yang perkembangannya sangat cepat dan dinamis.
“Saya mendorong agar RSUD Cibinong menjadi RS Tipe A dan mulai investasi pada kuailtas SDM dengan beasiswa calon dokter spesialis supaya nantinya¬† memiliki pakar-pakar kesehatan, profesor dan Keahlian-keahlian di bidang kesehatan,” ujarnya.
Rudy menilai kebutuhan sarana dan prasarana yang ada di RSUD Cibinong sudah mencukupi. Karena itu, harus sudah dipikirkan meningkatkan kualitas SDM. Menurut Rudy, beasiswa bagi calon tenaga ahli kesehatan itu nantinya akan meningkatkan jumlah pakar dan profesor bidang kesehatan yang dapat menyusun langkah taktis dan strategis dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor.
“Kita harus dorong beasiswa ini supaya RSUD punya banyak dokter, profesor dan dokter spesialis supaya sumberdaya manusianya lengkap dan mencakup kebutuhan masyarakat luas. Jadi jangan seakan-akan rumah sakit pemerintah ini hanya untuk orang tidak mampu yang datang kesini,” kata Rudy.
Ia berharap, Direksi dan Manajer RSUD di Kabupaten Bogor bisa mencontoh RSPAD Gatot Soebroto yang bertransformasi dengan cepat dan adaptif terhadap perkembangan di bidang kesehatan. RSPAD Gatot Soebroto yang tadinya hanya untuk  melayani anggota TNI, kini menjadi RS berkelas yang diminati pejabat negara dan masyarakat umum untuk mendapatkan layanan kesehatan.
“Mereka bertransformasi dengan cepat. Dulu itu hanya menangani pasien TNI, tapi hari ini dengan dipegang oleh dr Terawan, banyak terobosan baru yang menjadikan RSPAD itu juga digunakan masyarakat umum dan pejabat negara,” katanya.
Rudy menyampaikan, beasiswa itu bisa dianggarkan oleh pemerintah daerah dari BLUD maupun APBD kabupaten Bogor.
“Kalaupun di BLUD hanya bisa setahun dua orang, kita akan dorong beasiswa juga dari APBD daerah,” katanya.
Sementara, Bupati Bogor, Ade Yasin mengapresiasi masukan dari Rudy susmanto untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia RSUD se-kabupaten Bogor.
“Jadi ini bisa didanai oleh dana BLUD bisa setahun 3 sampai 4 orang jadi dokter spesialis. Tapi dokter itu akan kembali lagi ke sini setelah lulus menjadi dokter spesialis. Tentunya dengan komitmen dan perjanjian,” kata Ade.
Ade Yasin meminta pihak RSUD untuk membahas dengan serius usulan ketua DPRD kabupaten Bogor agar pemerintah daerah tidak hanya membangun infrastruktur pada sektor kesehatan, tapi juga sumberdaya manusianya.
“Mudah-mudahan ini bisa dirundingkan oleh direktur dan lainnya untuk sisihkan anggaran untuk peningkatan SDM, jangan hanya kepentingan fisik dan infrastruktur saja tapi SDM juga harus kita perhatikan,” katanya.
RSUD Cibinong meresmikan bangunan dan sarana layanan kesehatan berupa SIM-RS, Gedung HD dan Rehab Medik, Gedung Ponek, Gedung Wijaya Kusuma, IPAL, Pelayanan Hiperbarik, Pelayanan MRI, Pelayanan Cath Lab, dan Ruang Tunggu Keluarga Pasien. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here