CIBINONG-Kampung Cisalada Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor ditunjuk dan terpilih sebagai tuan rumah kegiatan Jambore Desa Wisata Kabupaten Bogor tahun 2022 yang rencananya akan digelar selama dua, hari yakni 8-9 Agustus 2022 mendatang.

Kepala Desa Wisata Purwabakti, Tajudin Arifin menerangkan, dipilihnya Desa Purwabakti jadi tuan rumah perhelatan Jambore Desa Wisata Kabupaten Bogor diharapkan, dapat mengangkat dan memaksimalkan potensi dan kearifan lokal Desa Purwabakti.

Ia juga mengaku bangga, atas kepercayaan yang diberikan kepada Desa Purwabakti sebagai tuan rumah Jambore Desa Wisata Kabupaten Bogor tahun ini.

“Kami sudah matangkan beberapa obyek wisata yang dikelola Bumdes Bhakti Kencana salah satunya terasering Cisalada yang merupakan wisata alam yang menyajikan pemandangan sawah seperti di Ubud, Bali. Lalu ada kampung Budaya Cisalada dengan menyajikan wisata edukasi, disana wisatawan bisa belajar pertanian organik, cara memberi pakan ikan, panen biji kopi dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, adanya kegiatan Jambore Desa Wisata Kabupaten Bogor menjadi sarana saling memotivasi dan menguatkan seluruh pelaku pariwisata di Kabupaten Bogor, untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan Desa Wisata di Kabupaten Bogor.

“Sehingga desa wisata bisa berkembang dan mendorong kemajuan sektor lainnya, untuk mengangkat potensi desa maupun kearifan lokal desa,” terangnya.

Selanjutnya, Direktur Bumdes Bhakti Kencana Herdiansyah atau akrab disapa Ayong mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) hadir bersama masyarakat Purwabakti berupaya mengembangkan potensi yang ada di desa melalui kreasi dan inovasi.

“Kami terapkan wisata tematik berbasis budaya dan edukasi guna pemanfaatan potensi alam desa Purwabakti. Ini sejalan dengan rencana pengembangan obyek daya tarik pariwisata desa yakni wisata alam, kearifan lokal, wisata edukasi, kelestarian lingkungan dan konservasi ekosistem,” jelasnya.

Sebagai informasi bahwa banyak paket wisata yang disuguhkan melalui Bumdes Bhakti Kencana yakni, paket wisata edukasi bagi para pelajar dan mahasiswa. Ada paket tracking gunung dan tracking Desa Purwabakti untuk para pecinta alam, serta paket edukasi tematik untuk mengenalkan konservasi alam yang ada di Kampung Cisalada Desa Purwabakti. Selain itu, Bumdes Bhakti Kencana juga selain mengelola lariwisata, juga mengelola pertanian organik, pertanian hidroponik, kerajinan bambu, ternak domba, dan ternak ikan melalui mina padi.

“Semoga penyelenggaraan Jambore Desa Wisata Kabupaten Bogor tahun 2022 ini dapat meningkatkan semangat kita semua dalam membangun desa wisata. Kami juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bogor juga masyarakat Indonesia, untuk datang ke desa wisata Purwabakti, dapatkan suasana alam indah dan asri,” tandas Direktur Bumdes Bhakti Kencana. (Aden)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here