Pamijahan – Komisi I DPR-RI yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat H. Anton Sukartono Suratto mengunjungi camp pengungsi korban banjir yang ada di wilayah Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Senin (4/06/2022).
Dalam rombongan ikut hadir pula, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor Dede Candra Sasmita, Ketua Dewan Pertimbangan Cabang, Lulu Azhari Lucky (Ki Jalu), Anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi Demokrat, Ruhiyat Sujana dan didampingi juga unsur jajaran pengurus DPC, Srikandi Demokrat Kabupaten Bogor, Ketua DPAC dapil 4, Bacaleg Dapil 4 dan para relawan serta simpatisan Partai Demokrat.
Dalam kesempatan ini, pria yang akrab disapa Kang H. Anton bertemu langsung dengan masyarakat yang terkena bencana dan mendistribusikan langsung bantuannya. “Alhamdulillah hari ini saya bisa bertemu dan berdialog langsung dengan masyarakat di kampung muara Desa Cibunian khususnya kepada 43 kepala keluarga di Kp. Muara satu RT 02 RW 01 yang rumahnya nyaris tidak bisa ditempati akibat dari bencana longsor Pamijahan. Adapun bantuan yang saya berikan 200 pack beras ukuran 3kg, 2 karung beras ukuran 50 Kg, 6 karung baju layak pakai, dan air mineral dan untuk yang terdampak di Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang, tidak dapat ditemui langsung akan tetapi sudah menugaskan satgas dan pengurus DPC untuk menyerahkan bantuannya,” ungkapnya.
Kang H. Anton juga juga dalam kesempatan ini berdialog langsung dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi dari para korban, yang hasilnya akan ia jadikan sebuah gagasan untuk turut ambil bagian dalam percepatan penanganan terkait relokasi dan hunian tetap (huntap) bagi masyarakat yang rumahnya hancur terdampak bencana pergeseran tanah di Desa Cibunian.
“Jadi rencananya kami akan kawal terus realisasi relokasi dan pembangunan huntap yang ada di Kp Muara, Desa Cibunian, nantinya akan turut ikut ambil bagian Rajawali Rescue dan akan didampingi langsung oleh tokoh masyarakat yang juga ketua dewan pertimbangan DPC Demokrat,” jelas Anton.
“Insya Allah Partai Demokrat akan hadir disaat dibutuhkan oleh masyarakat, dan akan berkoordinasi dengan Satgas BNPB Kecamatan Pamijahan dan Kades Cibunian,”sambung Kang Lulu Azhari Lucky yang akrab disapa Ki Jalu.
Selain berdialog dengan masyarakat Kang Anton pun berkesempatan menghibur serta memberikan support kepada anak-anak Kp Muara yang tengah mendapatkan trauma healing dari satgas bencana. Pria yang sudah tiga periode duduk sebagai wakil rakyat di Senayan, berpesan kepada seluruh kader Demokrat yang hadir agar peka atas apa terjadi di masyarakat terlebih bencana alam.
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Dede Candra Sasmita merasa perihatin melihat kondisi rumah-rumah warga yang rusak akibat pergeseran tanah dan banjir bandang di Desa Cibunian, serta turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Umar (42) dan Ibu Aam (40).
“Semoga almarhum dan almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta kesabaran. Alhamdulllah kami berkesempatan berdialog langsung dengan keluaraga dan kami memberikan uang dukacita kepada masing-masing korban meninggal sebesar 2.500.000, semoga apa yang kami berikan dapat sedikit mengurangi beban keluarga,” ujarnya dengan mata yang berlinang.
Kang Decan’s mengaku dirinya akan mendorong para anggota DPDRD fraksi Demokrat untuk berperan aktif dalam memperjuangkan kebutuhan masyarakat Desa Cibunian pasca bencana terkait relokasi dan pembangunan huntap akan berkoordinasi dengan aparat setempat.
“Saat di lokasi saya intruksikan langsung anggota DPRD fraksi Demokrat daerah pemilihannya agar betul-betul bisa menyerap dan mendengarkan keluh kesah masyarakat,” pungkasnya.
Sementara bantuan yang dikirimkan ke Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang berupa 150 paket sembako, dan 4 karung beras.( Aden)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here